Honda Civic Turbo Tantang Toyota Corolla Altis



JAKARTA – Persaingan antara Honda dengan Toyota semakin ketat dengan diluncurkannya Honda Civic Turbo. Mobil ini akan menantang Toyota Corolla Altis di segmen yang sama. Lantas, manakah dari keduanya yang terbaik? Kami memberikan ulasan via brosur dari masing-masing kendaraan.
Mesin
Honda menghadirkan Civic Turbo dilengkapi mesin 1.5-liter VTEC berteknologi Earth Dreams. Meski kapasitas mesinnya kecil, namun Honda mengklaim bahwa perfoma mobil tersebut sama dengan mesin berkapasitas 2.2-liter.
Mesin ini menghasilkan peningkatan besar pada tenaga dan torsi. Kekuatan maksimalnya kini mencapai 173 Ps pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 1700 – 5500 rpm.
Sementara itu untuk efisiensi bahan bakar, Honda Civic telah dilengkapi dengan fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin. Selain itu, Honda juga telah melengkapi mobil dengan fitur ECO AssistTM yang membantu memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar minyak saat berkendara.
Pesaingnya yaotu Toyota Corolla Altis dijual dengan 2 pilihan tipe yaitu G M/T dan V A/T. Keduanya dilengkapi dengan mesin 2ZR-FE -Silinder 16 Valve DOHC Dual VVT-I berkapasitas 1.8-liter. Dengan mesin ini maka pengemudi berhak atas tenaga sebesar 151 Ps dan torsi mencapai 19,4 kg.m. pada putaran mesin 4.000 rpm.
Transmisi Corolla Altis adalah manual dan otomatis dengan 6-percepatan. Transmisi tersebut akan menghasilkan peforma terbaik serta akselerasi yang memenuhi kebutuhan penggunanya. Corolla Altis juga menggunakan sistem penyaluran bahan bakar Electronic Fuel Injection dengan Dual VVT-i yang diharapkan mampu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.
Eksterior
Honda menyatakan bahwa tampilan mobil ini dikembangkan dengan konsep ‘Revolutionary Silhouette Advanced Neo Sedan’. Konsep ini menjadikan tampilan Honda Civic menjadi semakin sporty pada setiap bagiannya.
Honda Civic menampilkan Full LED Headlight yang dilengkapi LED Daytime Running LED (DRL) pada bagian depan, dan terintegrasi dengan grille depan, juga didukung oleh penambahan fog lamp dan side position lamp.
Pada bagian belakang, Rear Combi Lamp dengan desain yang meruncing di sudut menambah kesan sporty, sementara LED Light Bars menambah keamanan untuk memberikan sinyal  kepada mobil lain saat melakukan pengereman. Dual Exhaust Pipe Finisher mempertegas kesan sporty sekaligus meningkatkan efisiensi pelepasan gas emisi, sehingga performa mesin lebih bertenaga. Honda menawarkan roda 17″ menggunakan desain racing dan material yang ringan.
Sedangkan Toyota Corolla Altis juga merupakan line up revolusioner dari Toyota. Toyota memang berhasil menerapkan konsep ‘Keen Look’ yang merupakan konsep desain Toyota untuk mobil-mobil kecil mereka.
Tampilan Toyota Corolla Altis hadir lebih sporty dibanding generasi-generasi sebelumnya. Namun, kemewahan yang ditawarkan pun tidaklah berkurang. Lampu fascia depan memiliki aksen lampu utama jenis projector dengan lampu HID, grill radiator berdasar “T-Shape” berukuran sedang dikawinkan dengan DRL LED menjadikan tampilan depan mobil semakin mewah.
Corolla Altis ini didukung oleh front bumper berukuran sedang dengan aksen chrome pada bagian bawahnya. Bagian samping Corolla Altis didesain dengan simple dan dengan aksen roda berdesain V Grade. Sementara pada bagian belakang, tersimpan rear-combination lamp.
Interior
‘Daring ACE Design’ adalah konsep yang digunakan dalam mendesain interior Honda Civic. Tampilannya dibuat sedemikian rupa agar tetap sporty namun kenyamanan dan fungsi ‘fun-to-use’ tidak berkurang. Di balik roda kemudinya, Meter Cluster with Multi Information Display memberikan berbagai informasi penting saat berkendara melalui layar yang informatif.
Auto A/C dengan panel berdesain modern secara otomatis mengatur besarnya hembusan udara dan tingkat suhu ideal dengan waktu pendinginan yang cepat. Pendinginan di dalam kabin semakin merata dengan penambahan rear A/C ventilation.
Sedangkan Toyota Corolla Altis menggunakan “Iconic Dynamism” sebagai tema interior. Kemewahan, ergonomis dan fungsionalitas menjadi fokus utamanya. Interior lapang juga memberikan kenyamanan, baik untuk ruang kepala maupun ruang kaki.
Guna memberikan informasi terkini, Toyota menyematkan meter cluster 3.5″ TFT Color MID with Clear Blue Illumination. Tampilannya dibuat sedemikian rupa agar pengendara dapat dengan mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan.
Untuk fitur pendingin, V Grade menggunakan Automatic Cooler Control Panel dengan mode otomatis sementara pada G Grade digunakan mode manual dengan tombol putar.
Fitur Keselamatan
Honda mengaplikasikan teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON), dengan tujuan menjaga keutuhan struktur pada ruang penumpang dengan cara menyerap dan mengalirkan energi dari suatu benturan.
Sementara ACE memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran. Bodi all-new Civic juga dirancang dengan Pedestrian Protection yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.
All-new Civic juga dilengkapi 6 airbag untuk mengurangi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang. Sementara ISOFIX & Tether berfungsi untuk pengait kursi bayi di kursi belakang kendaraan dalam menunjang keselamatan.
Fitur keselamatan all-new Civic juga meliputi Electric Parking Brake yang memberi kemudahan dalam mengaktifkan rem parkir cukup dengan satu sentuhan & Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna pada saat tanjakan atau turunan untuk menghindari mobil meluncur tanpa menginjak rem terus menerus.
Selain itu, all-new Civic juga telah dilengkapi dengan fitur lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal.
Tidak kalah menarik, Toyota menciptakan Corolla Altis secara matang. Salah satunya adalah dengan penggunaan rangka bodi yang terbuat dari material high-tensil steel. Hasilnya selain lebih ringan mobil juga lebih kokoh.
Beberapa fitur keselamatan lain adalah Dual SRS Airbag dan Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter. Seatbealt dan airbag bekerja sama sebagai alat pengaman pasif. Untuk keamanan dalam pengereman, EBD dihadirkan pada Toyota Corollan Altis dengan tujuan mobil ini tetap pada jalurnya saat melakukan pengereman darurat.
Selain itu juga ada fitur pengereman Anti-lock Brake System (ABS) dan Brake Assist (BA). Kedua fitur ini akan memudahkan pengereman dengan optimal sekaligus dapat mencegah terjadinya ban terkunci saat melakukan pengereman mendadak dalam menghindari terjadinya kecelakaan.
Semuanya disematkan untuk melindungi pengendara dan penumpang dari kecelakaan fatal. Berikutnya Toyota Corolla Altis ini memiliki Dual VV-TI & Intelligent Drive by Wire with ETCS-I, teknologi ini memberikan kemudahan kontrol dan peningkatan performa mesin yang mampu mengoptimalkan torsi selama kecepatan rendah dan sedang, serta meningkatkan tenaga selama kecepatan tinggi. Fitur ini juga membuat Altis jadi hemat bahan bakar karena emisi gas buangnya semakin rendah.
Berikutnya ada fitur Super ECT with Hill Sensing Control System pada Toyota Corolla Altis. Fitur ini berfungsi berikan pengontrolan kinerja transmisi yang terkomputerisasi sehingga memberikan kenyamanan untuk berkendara di berbagai kondisi dan kontur jalan. Fitur ini juga akan mencegah terjadinya pergantian gigi yang tidak seharusnya saat mobil bergerak di tanjakan.

Dealer mobil mobil magelang